logo mahkamah agung website ramah difable

Putusan Pengadilan Agama Blambangan Umpu ... Telusuri Perkara
Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Blambangan Umpu Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat ALLAH SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama bisa mewujudkan cita-citanya untk launching Website Resmi Pengadilan Agama dengan alamat www.pa-blambanganumpu.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan... Lebih lanjut
Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.2.0), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Telusuri Perkara
Small Claim Court ( Acara Gugatan Sederhana ) Agar warga negara lancar dalam mengurus usahanya, tentu proses mengurus sengketa bisnis perlu dipersingkat, sehingga tidak membuang waktu serta terbukanya akses bagi masyarakat kecil untuk mendapatkan keadilan di Pengadilan. Semuanya demi asas peradilan yang sederhana, cepat, biaya ringan.
Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP ( Sistem Informasi Penelusuran Perkara), SIADPA ( Sistem Administrasi Perkara Peradilan Agama), SIADTUN (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Tata Usaha Negara), SIADMIL (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Militer), serta sistem pengaduan pada Bagian Pengawasan, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.

Template Website ini merupakan standarisasi website untuk seluruh badan peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung RI

Berita Terkini

Sejarah Pengadilan Agama Blambangan Umpu Cetak
Ditulis oleh Irfan Junial   

SEJARAH SINGKAT PENGADILAN AGAMA BLAMBANGAN UMPU

 

Wilayah Kabupaten Way Kanan dahulu adalah bagian wilayah dari Kabupaten Lampung Utara yang beribukota di Kotabumi dan pada Tahun 1999 telah dimekarkan menjadi Kabupaten sendiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 1999 dan diresmikan oleh Menteri dalam Negeri pada tanggal 20 April 1999.

Dasar Hukum dan Sejarah berdirinya Pengadilan Agama Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2002 Tentang Pembentukan beberapa Pengadilan Agama di Indonesia yaitu Pembentukan Pengadilan Agama Muara Tebo, Pengadilan Agama Sengeti, Pengadilan Agama Gunung Sugih, Pengadilan Agama Blambangan Umpu, Pengadilan Agama Depok, Pengadilan Agama Cilegon, Pengadilan Agama Bontang, Pengadilan Agama Sangatta, Pengadilan Agama Buol, Pengadilan Agama Bungku, Pengadilan Agama Banggai dan Pengadilan Agama Tulamutu. Pengadilan Agama Blambangan Umpu peresmian operasional pada tanggal 19 Pebruari 2003 oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung pada saat itu Drs. H. Mahfudh Arhasy, bahwa sebelum tahun 2003 masyarakat pencari keadilan khusus yang beragama Islam dahulu mengajukan perkaranya ke Pengadilan Agama Kotabumi Lampung Utara yang jarak tempuhnya jauh kurang lebih 150 Km s/d 300 Km dan harus memerlukan waktu seharian dari Way Kanan, maka sejak diresmikan Kabupaten Way Kanan pada tahun 1999 yang berkedudukan di Blambangan Umpu dengan luas wilayah 3.921,63 KM2 jumlah pusat pemerintahan terbagi 14 kecamatan 3 Kelurahan dan 197 Desa/Kampung, maka oleh Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung diusulkan untuk pembentukan Pengadilan Agama Blambangan Umpu ke Ketua Mahkamah Agung RI lalu diteruskan surat tersebut ke Presiden Republik Indonesia dan disetujui pembentukannya dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2002.

Pengadilan Agama Blambangan Umpu disahkan pembentukannya karena merupakan salah satu badan pelaksana kekuasaan kehakiman tingkat pertama dari lingkungan Peradilan Agama di Indonesia di bawah lembaga Mahkamah Agung dan pelaksanaan operasional kegiatannya dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia pada tanggal 19 Februari 2003 tersebut. Kantornya pinjam pakai / menempati Balai Sidang Keliling Pengadilan Negeri Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan Jalan Jenderal Sudirman di Km. 02 dan mulai melakukan kegiatan dengan jumlah Personil 6 (Enam) orang sudah termasuk Ketua Pengadilaan dan Panitera, dibantu oleh 3 (tiga) tenaga administrasi Keperkaraan dan Kesekretariatan serta 1 orang hakim dan pada tahun 2006/2007 mendapat dana DIPA Belanja Modal Pembangunan gedung Kantor Pengadilan Agama Blambangan Umpu dan dibangunlah kantor tersebut 2 (Dua) lantai yang dibangun diatas tanah hibah dari Pemerintah Daerah (PEMDA) Way Kanaan dengan ukuran tanah 6.500 M2 dan setelah selesai pembangunan Gedung Pengadilan Agama Blambangan Umpu tersebut diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yaitu Prof. Dr. H. BAGIR MANAN, SH., M.Cl. pada tanggal 30 Maret 2007 terletak dipinggir jalan arah kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan beralamat di Jalan Mayjen Ryacudu KM.05 Blambangan Umpu Kode Pos 34564 Way Kanan.

Para Pimpinan yang Menjabat di Pengadilan Blambangan Umpu yaitu :

KETUA :

  1. Drs.YUSRON SULAIMAN menjabat Ketua tahun 2005.
  2. Drs. SANUSI menjabat Ketua dari tahun 2005 s.d. 2009.
  3. DJAUHARI, S.H. menjabat Ketua dari tahun 2009 s.d. 2012.
  4. Drs. S A L W I , S.H. menjabat Ketua dari tahun 2012 s.d. 2014.
  5. Drs. DARUL HUSNI, S.H., M.H.I. menjabat Ketua dari tahun 2015 s.d. 2016.
  6. Drs. AMINUDDIN menjabat Ketua dari tahun 2016 sampai dengan sekarang.

WAKIL KETUA :

  1. Drs.YUSRON SULAIMAN menjabat Wakil Ketua dari tahun 2003 s.d. 2005.
  2. DJAUHARI, S.H. menjabat Wakil Ketua dari tahun 2005 s.d. 2009.
  3. Dra. MUFIDATUL HASANAH, S.H. mejabat Wakil Ketua dari tahun 2009 s.d. 2013.
  4. Drs. DARUL HUSNI, S.H., M.H.I. Wakil Ketua dari tahun 2013 s.d. 2015
  5. Drs. AMINUDDIN menjabat Wakil Ketua tahun 2015
  6. TIRMIZI, S.H., M.H. mejabat Wakil Ketua 2015 sampai dengan sekarang.

PANITERA/SEKRETARIS :

  1. LUKMAN YUSUF, S.H. menjabat Panitera/Sekretaris dari tahun 2003 s.d. 2006.
  2. DAMSAH MUHIB, S.H. menjabat Panitera/Sekretaris dari tahun 2006 s.d. 2008.
  3. MUKMIN HUSIN, S.H. menjabat Panitera/Sekretaris dari tahun 2008 s.d. 2009.
  4. Dra. ZURAIDA menjabat Panitera/Sekretaris dari tahun 2009 s.d. 2011.
  5. Drs. SUNARIYA menjabat Panitera/Sekretaris dari tahun 2011 s.d. 2014.
  6. ZUHRI SA’AD, S.H. menjabat Panitera/Sekretaris dari tahun 2014 s.d. 2015. 

Pada akhir tahun 2015 terjadi pemisahan antara panitera dan sekretaris dan sejak tahun 2016 Panitera dijabat oleh ZUHRI SA’AD, S.H. dan Sekretaris dijabat oleh HAMSIRI, S.Pd., S.H.I. sampai dengan sekarang.

 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas